Mina

Republika, Jumat, 08 Februari 2002 12:00:00
M I N A

Mina adalah lokasi di tanah haram Makkah yang didatangi jamaah haji setelah wukuf di Arafah ialah untuk bermalam dan melempar Jumrah pada siang hari yaitu tanggal 10,11,12 Dzul Hijjah untuk mereka yang bernafar-awal dan tanggal 10,11,12,13 Dzul Hijjah bagi mereka yang bernafar-tsani.

Secara harfiah, Mina berarti tempat tumpahan darah binatang yang disembelih. Ini sesuai dengan kenyataan yang berlaku bahwa di daerah ini setiap tahun disembelih sekitar satu juta binatang yang terdiri dari unta, sapi dan kambing.

Kawasan yang berada 9 KM dari timur Makkah, sebetulnya tidak luas. Dari arah Makkah dibatasi Jumrah Aqabah dan dari arah Arafah dibatasi Wadi Muhassir. Panjangnya sekitar 3 1/2 KM. Lebarnya dibatasi oleh dua buah bukit yang berhadap-hadapan yang berarti dibalik kedua bukit itu adalah dasar di luar Mina. Namun menurut fatwa ketua majelis ulama Arab Saudi daerah Mu’aisim adalah masuk kawasan Mina. Mina termasuk tempat ibadah sebagimana Arafah. Tidak sah bermalam di luar Mina sebagaimana tidak sah Wukuf di luar Arafah.

Mina oleh orang-orang Arab disebut dengan nama Muna yang berarti ‘pengharapan’. Menurut riwayat, di Mina inilah hati Nabi Adam dibisiki bahwa dia memperoleh harapan, setelah 200 tahun berpisah, akan bertemu dengan istrinya Hawa. Dan dengan izin Allah, Adam beberapa hari kemudian memang benar-benar bertemu dengan Hawa yaitu di Jabar Rahmah, sebuah bukit kecil di sekitar Padang Arafah.

Tempat-tempat penting di Mina;
1. Jamarat (Jumrah Aqabah, Jumrah wusta, Jumrah Ula).
2. Al-Manhar (Jabal Qurban). Lokasi penyembelihan binatang.
3 Masjid Al-Baiah. Lokasi Nabi Muhammad melakukan Shalat dan khutbah ketika berada di Mina sewaktu haji.
4. Masjid Al-Baiah. Lokasi Nabi Muhammad saw dibaiat oleh orang-orang Ansor yang datang dari Madinah 1 tahun sebelum hijrah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: